Tentang Windows 32bit dan 64bit

Hanya sekedar informasi, saat ini kita sering mendengar istilah Windows 32-bit dan 64-bit. Mungkin kita agak sedikit bingung mana yang harus dipilih dan cocok dengan laptop atau komputer yang Anda miliki? Selain itu mungkin juga anda sedikit bingung apa sih bedanya antara Windows 7 32-bit  dengan Windows 7 64-bit? Inilah pertanyaan umum yang sering muncul.
Perbedaan 32-bit dan 64-bit pada dasarnya mengacu pada teknologi pemroses (processor) pada komputer mengenai bagaimana menangani informasi. Adanya Windows 32-bit dan 64-bit mengacu pada kemampuan processor yang dapat menjalankan jenis Windows ini. Windows 64-bit hanya dapat diinstall pada komputer yang processornya sudah mempunyai kemampuan 64-bit, dan Windows 32-bit dapat diinstall baik pada processor dengan kemampuan 32-bit maupun 64-bit.
Windows 64Bit
Selain itu, berdasarkan keterangan dari situs Microsoft perbedaan utama antara Windows versi 32-bit dan Windows versi 64-bit berkaitan dengan aksesibilitas memori, manajemen memori, dan fitur peningkatan keamanan. Fitur keamanan yang tersedia pada Windows versi 64-bit meliputi berikut ini:
  • Perlindungan Lintasan Kernel
  • Dukungan untuk Perlindungan Eksekusi Data (DEP) perangkat keras cadangan
  • Tanda tangan pengandar wajib
  • Penghapusan dukungan untuk pengandar 32-bit
  • Penghapusan subsistem 16-bit
Salah satu keuntungan terbesar dengan menggunakan Windows versi 64-bit adalah kemampuannya untuk mengakses memori fisik (RAM) di atas kisaran 4 gigabita (GB). Hal ini tergantung pada versi Windows yang diinstal, Windows versi 64-bit mendukung mulai dari RAM 1 GB hingga RAM 128 GB. Kemampuan untuk menujukan lebih banyak memori fisik membuat Windows meminimalkan waktu yang diperlukan untuk menukar proses masuk dan keluar dari memori fisik. Oleh karena itu, Windows 64bit dapat mengelola proses dengan lebih efisien. Fitur manajemen memori ini membantu meningkatkan keseluruhan kinerja Windows.

Keuntungan jika Anda menginstal Windows versi 64-bit

  • Meningkatkan dukungan memori melebihi ruang memori 4 GB yang dituju yang tersedia dalam sistem operasi 32-bit.
  • Meningkatkan kinerja program untuk program yang ditulis untuk mengoptimalkan sistem operasi 64-bit
  • Fitur keamanan yang meningkat

Apakah laptop atau komputer saya bisa menjalankan Windows 7 64-bit?

Kalau anda baru membeli komputer sebuah komputer dengan teknologi terbaru dan terkini pada umumnya telah support dan mampu menjalankan Windows 64-bit, kecuali jika prosesor yang anda gunakan merupakan prosesor yang lowend misal Laptop dengan Prosesor Intel Atom atau Intel Core Duo ke bawah. Namun jika anda menggunakan prosesor sekelas Intel Core 2 Duo maka bisa dipastikan bahwa komputer anda mampu dan bisa menjalankan Windows  versi 64-bit (silahkan lihat referensi dari processor yang Anda pakai). Jika anda masih ragu-ragu ada baiknya guna program  Prosesor Identifikasi dari Intel untuk mengetahui apakah prosesor anda telah suppport Windows  64-bit  atau  tidak.

Apa yang harus dipetimbangkan saat Anda menginstal Windows versi 64-bit

  • Driver hardware 32-bit tidak didukung untuk Windows 64 bit.
  • Program 32-bit mungkin tidak sepenuhnya kompatibel dengan sistem operasi 64-bit.
  • Mungkin sulit untuk menemukan program yang ditulis khusus untuk sistem operasi 64-bit.
  • Tidak semua perangkat keras kompatibel dengan Windows versi 64-bit.
Semoga bermanfaat.

sumber:http://adeditasik.web.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Perbedaan Aplikasi berbasis Web dengan Aplikasi berbasis Internet

Foto Skandal Ciuman Artis Indonesia Terindehoy

Video Indra Brugman Melumat Habis Bibir dewi Persik dengan penuh nafsu